Senin, 21 Maret 2016


Penyelenggara Negara Gagal Menjaga Nilai Filosofi Budaya Bangsa

Jakarta_Barakindo- Kasus dugaan pelecahan lambang negara yang mendera pedangdut Zaskia Gotik terus mendapat perhatian berbagai pihak. Kali ini Anggota Komisi I  DPR-RI, Agun Gunandjar Sudarsa angkat bicara.

Agun mempertanyakan, sejauh-mana tanggungjawab Stasiun TV dan Produser acaranya dalam mengemas acara- acara hiburan, apakah sungguh- sungguh mencerdaskan bangsa atau tidak?

“Ini adalah bentuk kegagalan Stasiun TV dalam mengemas ‘bisnis’ hiburan. Ini juga bukti mandulnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam menjalankan fungsi pengawasan, sekaligus gagalnya penyelenggara negara dalam menjaga nilai- nilai filosofi budaya bangsa,” tulis politisi Golkar itu dalam pesan WA yang diterima Barak Online Gorup, Senin (21/3/2016).

Lebih lanjut Agun menjelaskan, nation and carakter building itu yang selalu ditekankan oleh Presiden RI pertama, Soekarno.

“Lalu apakah seluruh program dan acara siaran Televisi, bahkan Radio, Surat Kabar, dan berbagai media sosial lainnya sudah sungguh- sungguh menyeleksi setiap program siaran sehingga menggunakan bahasa dan istilah yang sesuai dengan filosofi, budaya, dan tujuan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara?,” ujarnya.

Menurut Agun, tidak hanya Zaskia dan acara ‘Dahsyat’, masih banyak acara-acara lain yang ‘kurang mendidik’ dan hanya mengedepankan ‘bisnis’ semata. “Sudah saatnya UU Penyiaran lebih tegas mengatur, dan KPI diberdayakan lebih maksimal,” tegasnya.

Seperti diketahui, Zaskia Gotik diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta juncto Pasal 158 KUHP.

Dalam salah satu segmen acara musik yang bertajuk "Cerdas Cermat", Zaskia menjawab pertanyaan pembawa acara, Denny Cagur, dengan asal-asalan. Salah satunya terkait pertanyaan tanggal berapakah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Zaskia menjawab, "Setelah azan subuh, tanggal 32 Agustus."

Tidak hanya itu, Zaskia kembali menuliskan jawaban yang ceplas-ceplos saat Denny bertanya tentang lambang sila ke-5 dari Pancasila. Sang penyanyi dangdut itu malah menjawab sekenanya, "bebek nungging". (Red)*

1 komentar:

elisabethelena mengatakan...

Halo rekan-rekan Beritabarak.blogspot.co.id,
Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com.
Sebagai Penyedia Informasi Lowongan Kerja Gratis (Online Job Portal), kami sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 700 Media Online sebagai Business Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerja sama dengan Beritabarak.blogspot.co.id.
Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, yakni penayangan widget info lowongan kerja yang ada di Karirpad.com di media partner. Apabila tertarik, dapat mengirimkan no telepon yang dapat kami hubungi, atau dapat mengirimkan email ke helena@karirpad.com.
Sukses selalu untuk kita.
– Jabat Erat –

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori Berita

Recent Posts


Statistik Pengunjung