Rabu, 16 Maret 2016


Jakarta_Barakindo-Sejak Maret hingga April ini, sebagian daerah sentra produksi padi sudah mulai memasuki musim panen. Hal itu menarik perhatian DPR dalam menyikapi kinerja pengamanan stok pangan nasional oleh pemerintah.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mendorong pemerintah melalui Perum Bulog aktif membeli gabah produksi rakyat tani lokal, terutama pada masa panen raya 2016 ini.

"Memasuki musim panen ini, Perum Bulog harus aktif turun langsung untuk membeli gabah petani. Hal sama juga harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah sebagai wujud perlindungan terhadap rakyat tani nasional," kata Fadli dalam siaran pers yang diterima Barak Online Group, Selasa (15/3/2016).

Kata pria yang juga menjabat Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) itu, pembelian gabah langsung ke rakyat tani harus dilakukan agar harga tidak anjlok dibawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

“Jika hanya mengandalkan mitra kerja Perum Bulog, maka kemungkinan rakyat tani tidak akan menikmati HPP akan terbuka lebar," tegasnya.

Lebih jauh, Fadli menjelaskan, langkah Pemkab Ponorogo yang mengalokasikan anggaran untuk langsung membeli gabah rakyat tani patut menjadi contoh. "Jadi, ada baiknya Pemda mengalokasikan anggaran untuk langsung membeli gabah dari rakyat tani," katanya.

Demi mewujudkan perlindungan terhadap rakyat tani, Fadli bahkan mengusulkan agar ada sinergitas antara Perum Bulog dengan Pemda. “Kalau perlu bentuk forum kedaulatan pangan disetiap kabupaten dan kota untuk, “tandasnya. (Red)*

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori Berita

Recent Posts


Statistik Pengunjung