Sabtu, 14 Desember 2013


Jakarta_Barakindo- Tahun 2013 ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berhasil meraih predikat sebagai salah satu kementerian dan Lembaga Negara terbaik dalam melaksanakan UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penghargaannya sendiri diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Budiono.

Sementara Kementerian dan Lembaga Negara lain yang juga memperoleh predikat terbaik terdiri dari Kemeterian Keuangan, BKKBN, Badan Pengusahaan Batam,  Kejaksaan Agung, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan dan Bappenas.

Selain itu, perusahaan milik Negara yang memperoleh predikat yang sama terdiri atas, PT.Perusahaan Listrik Negara (PT.PLN), PT.Biofarma, PT.Taspen, PT.Angkasa Pura I, PT.Jamsostek, PT.Hutama Karya, Pembangunan Perumahan, PT.Inhutani IV, Perum Bulog, PT.Timah.

Pemeringkatan keterbukaan informasi publik itu dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk mengetahui tingkat pelaksanaan UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dari badan publik dalam menjalankan kewajiban dan memberikan akses informasi publik kepada masyarakat.

“Tahun ini, KIP melakukan penilaian kepada 323 badan publik yang terbagi dalam empat kategori, yakni Badan Publik Pemerintah Pusat yang terdiri dari Kementerian/Lembaga dan Lembaga non Struktural, Bdan Publik Pemerintah Provinsi, Badan Publik BUMN, serta Badan Publik Partai Politik (Parpol) Nasional,” kata Ketua KIP, Abdul Hamid Dipopramono dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (13/12/2013) kemarin.

Sementara pada kategori pemerintah Provinsi, penghargaan diberikan kepada Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Aceh, Provinsi DIY, Provinsi Banten, Provinsi NTB, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kepri, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Riau.

“Sedangkan untuk kategori Parpol, sampai batas waktu pengembalian kuesioner berakhir, hanya satu Parpol nasional yang mengembalikan kuesioner ke Tim penilai KIP, sehingga tidak ada nominator untuk kategori tersebut,” jelasnya. (Redaksi)*

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori Berita

Recent Posts


Statistik Pengunjung